Jumat, 10 Juni 2011

Lion Air Kembali Telantarkan Penumpang


By on 07.12

Kembali Telantarkan Penumpang
Senin, 6 Juni 2011
TANGERANG, KOMPAS.com — Pihak maskapai penerbangan kembali menelantarkan penumpangnya, Minggu (5/6/2011). Jika Minggu dini hari menimpa penumpang JT-770 rute Jakarta-Manado di Bandara Hasanuddin, Makasar, Minggu malam ini penelantaran terjadi di Terminal 1 A Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ratusan penumpang tujuan Jakarta-Bali, Jakarta-Palu, dan Jakarta-Makassar marah-marah sebagai bentuk komplain atas buruknya pelayanan maskapai tersebut.

Selain tidak ada kepastian jadwal penerbangan setelah mengalami penundaan jam keberangkatan, penumpang tidak mendapat pelayanan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor 25 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Penerbangan.
Jangankan mendapat penginapan bagi mereka yang penerbangannya ditunda lebih dari tiga jam, makanan-minuman dan penggantian penerbangan pun tidak diberikan.
Akibatnya, para penumpang melakukan protes ke loket di Lantai I Terminal 1A. Sayangnya, semua petinggi dan karyawan di loket itu tidak ada. "Mana tanggung jawab ? Masa kami dibiarkan telantar seperti ini?" kata Ria (39), penumpang tujuan Bali.
Penumpang lainnya, Aksan, menyatakan bahwa petugas dan perusahaan penerbangan itu pengecut. "Giliran penumpang terlambat sedikit saja, tak ada kompromi. Kalau tidak didenda, kami disuruh beli tiket baru lagi. Giliran mereka yang buat salah, kami ditelantarkan dan petugasnya malah menghilang. Ini keterlaluan," kata Salim Mamma kepada Kompas.com melalui saluran telepon seluler pada Minggu malam.
Ria marah-marah karena sesuai jadwal ia harus berangkat ke Bali pukul 17.00. Namun, sampai pukul 21.30, pesawat yang akan ditumpanginya belum juga berangkat.

Hal senada dikatakan Salim. "Apa penyebab penundaan penerbangan dan sampai kapan harus menunggu, kami tidak diberi informasi secara jelas," papar Salim yang seharusnya berangkat ke Makassar pukul 22.00.

Sementara itu, Edi selaku petugas OIC Bandara Internasional Soekarno-Hatta membenarkan adanya penundaan jadwal penerbangan sehingga mengakibatkan penumpang marah-marah.
"Penumpang kesulitan mencari bos dan karyawan karena sudah menghilang. Makanya, kami sudah berulang kali memanggil pejabat untuk melayani penumpang, tetapi mereka tidak muncul-muncul juga. Mereka menghilang entah ke mana," ungkap Edi.
Menurut Edi, laporan yang masuk ke OIC penerbangan yang tertunda adalah JT-720 tujuan Palu. "Namun, saya belum tahu pasti jam berapa pesawat ini akan berangkat. Belum ada laporan," ungkap Edi. 

Simak Rubrik Pembaca Menulis: Jadwal Lion Air Amburadul

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar