Pembaca Menulis
Transaksi Bermasalah Di Mesin EDC BCA
Transaksi Bermasalah Di Mesin EDC BCA
Jawapos, Jumat 22 April 2011
Pada 10 Maret 2011, saya mendatangi lantai 4 Kantor BCA Darmo untuk meminta data sejumlah merchant mesin EDC BCA yang digunakan transaksi oleh seseorang yang telah mengambil kartu kredit (KK) Citibank saya
Namun, petugas BCA Darmo tidak memberikan data tersebut dan saya diminta mengajukan permohonan secara resmi melalui Citibank. Saya lantas konfirmasi ke Citibank untuk mendapatkan data itu
Dari penuturan Pratiwi (staf customer care Citibank), Citibank pada 14 Maret 2011 telah meminta data kepada BCA, tapi pada 14 April 2011 belum ada kiriman data tersebut. Kelemahan merchant pemakain mesin EDC BCA, tidak ada verifikasi antara nama kartu kredit dan orang yang bertransaksi
Merchant dianggap tidak mengantisipasi transaksi yang mencurigakan karena hanya mengejar omset penjualan. Dari aturan perbankan, klausal kerja sama perbankan dengan merchant tentang mesin EDC menyebutkan " Merchant wajib meminta pemegang kartu kredit membubuhkan tanda tangan pada slip transaksi KK dan mencocokan tanda tangan tersebut dengan contoh tanda tangan pada KK
Jika tanda tangan tidak sesuai, merchant harus menolak transaksi KK. Apabila merchant tetap menjalankan transaksi KK tersebut, seluruh konsekuensi yang timbul merupakan tanggung jawab merchant
BCA tidak memberikan punishment kepada sejumlah merchant yang tidak menjalankan prosedur dengan benar. Mohon tanggapan BCA
Ferayanthi C Suthelie
Wiguna Selatan XIII/50
Surabaya
0 komentar:
Posting Komentar