Senin, 16 Mei 2011

Hak Cipta Mahasiswa di UK Petra


By on 16.39


Pembaca Menulis
Hak Cipta Mahasiswa di UK Petra
Jawapos, Senin 16 Mei 2011

Saya adalah alumnus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya dari jurusan ilmu komunikasi angkatan 2006. Pada 28 Juni 2010, saya mengumpulkan skripsi yang bertema tentang konsep gender dalam se­rial kartun di televisi. Skripsi tersebut saya lengkapi dengan selembar surat pernyataan bahwa saya tidak setuju jika pihak UK Petra mengunggah skripsi saya di internet. Surat tersebut telah diketahui dan ditandatangani oleh ketua jurusan saat itu.
 
Hal tersebut saya maksudkan untuk meng­hindari pembajakan skripsi via website. Sebagai gantinya, saya mengizinkan UK Petra untuk menyimpan dan memublikasikan file cetak dari skripsi saya di perpustakaan UK Petra. Namun, pihak UK Petra tidak mengin­dahkan surat pernyataan saya. Sebab, saat ini siapa pun bisa mengakses skripsi saya di internet dengan bebas.

SIANLY OKTAVIA INDRA, 
Taman Pondok Jati A-10 Sepanjang Sidoarjo


Tanggapan UK Petra
Jawapos, Selasa 17 Mei 2011
Respon Rate Media: 1 Days  (Superb)

Berkaitan dengan keluhan tentang hak cipta mahasiswa di UK Petra dari Sianly Oktavia Indra yang dimuat pada 16 Mei 2011, kami menjelaskan, UK Petra tidak mengambil hak cipta mahasiswa dalam penelitiannya. Di lembar pernyataan yang terlampir dalam skripsi tertulis bahwa yang diberikan mahasiswa kepada UK Petra ialah non-exclusive royalty free right. 
 
Ini berarti untuk kepentingan akademik dan pengembangan iptek, UK Petra tidak perlu minta izin dan membayar royalty kepada yang bersangkutan setiap ada permintaan untuk memperoleh karya tulis atau skripsinya.

Kedua, beberapa pertimbangan UK Petra untuk tidak meng­upload karya tugas akhir atau skripsi mahasiswa, antara lain, faktor privacy dan condifidentiality; sesuai permintaan subjek penelitian mahasiswa. UK Petra akan melindungi skripsi dengan memberikan izin untuk tidak di-upload apabila karya tersebut memiliki potensi paten.

Kami telah menyampaikan prosedur tersebut kepada yang bersangkutan dan telah terjadi kesalahpahaman mengenai prosedur publikasi skripsi. Sampai hak jawab ini dibuat, yang bersangkutan juga dapat menerima sikap UK Petra.

Humas & Informasi Studi UK Petra, Surabaya

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar